Membangun Kegiatan Usaha Bersama

Mindset 

Untuk menghadapi tantangan terhadap kebutuhan ekonomi sehari-hari di era digital ini, sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan. Membangun kegiatan usaha bersama adalah juga sebuah pilihan yang menjanjikan. Ada berbagai potensi dan sumberdaya yang bisa kita kelola untuk memenangkan tantangan ini.  Karena semua itu membutuhkan syarat dan ketentuan yang bisa kita lengkapi.

Bagi kami, membangun kegiatan usaha dengan pola kerjasama adalah pilihan. Karena di sekitar kita, ada banyak bakat-bakat muda dan orang-orang potensial di sekitar kita bisa kita kelola untuk membangun berbagai kegiatan usaha dan berbagai manfaat positif lainnya.  Baik untuk kepentingan mereka sebagai pribadi. Atau dari sebuah Huta, atau dari sebuah Punguan. 

Kegiatan usaha ini kami siapkan berdasar pada potensi dan kebutuhan para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial yang ada.  

Arti Kata Kegiatan Usaha :

Kegiatan usaha adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat luas secara umum.   Yakni serangkaian kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh individu atau kelompok, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.  Suatu rentetan kegiatan ekonomi untuk mendukung kegiatan ekonomi sehari-hari. 

Jenis-Jenis Kegitan Usaha 

Berikut adalah contoh beberapa jenis bidang kegiatan usaha potensial yang akan kami sesuaikan dengan bakat dan minat para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial tersebut.  Kegiatan usaha ini akan kami lakukan sesuai dan berdasarkan pada potensi dan kebutuhan para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial yang ada.

Bidang Usaha Pertanian

Kegiatan usaha pertanian yang terdiri dari pemeliharaan, pembudidayaan, pengembangbiakan, pembesaran, dengan tujuan agar hasilnya untuk dijual, untuk memperoleh keuntungan.  Yakni jenis kegiatan usaha dari sektor agraris. Contoh bidang usaha pertanian yaitu:


  1. Tanaman dan sayuran.

Bidang Usaha Peternakan

Kegiatan Usaha Peternakan adalah kegiatan usaha budidaya Ternak untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, dan kepentingan masyarakat lainnya yang dilakukan secara terus menerus

Usaha Peternakan tidak hanya terbatas pada pemeliharaan saja. Karena beternak dan memelihara memiliki tujuan yang berbeda.  Bing usaha peternakan ini merupakan bidang usaha yang membudidayakan hewan ternak untuk dijual. Usaha peternakan ini bisa digolongkan menjadi peternak hewan kecil, peternak hewan besar, maupun peternak unggas. Contoh usaha ternak:

  1. Ternak bebek
  2. Peternakan ayam petelur

Usaha peternakan ini sangat layak dilakukan karena memiliki lahan yang luas didukung dengan sumber daya alamnya.  Dan pada umumnya usaha peternakan jenis ini tidak membutuhkan banyak persyaratan maupun keahlian. Karena itu mudah untuk dikembangkan

Bidang Usaha Budidaya Perikanan

Usaha budidaya perikanan merupakan jenis kegiatan yang berhubungan dalam memelihara, membiakkan atau membesarkan ikan sampai memanen hasilnya untuk dijual.  Kegiatan Usaha Budidaya perikanan ini khususnya dalam bidang usaha perikanan air tawar.  Contoh usaha perikanan: 

  1. Bisnis budidaya ikan mas
  2. Budidaya ikan lele
  3. Budidaya ikan mujahir

Bidang Usaha Perdagangan

Perdagangan yaitu bidang usaha yang kegiatan utamanya melakukan transaksi barang atau jasa. Usaha perdagangan adalah suatu kegiatan yang melakukan jual-beli antara produsen dan konsumen.  Usaha perdagangan ini menjual belikan dagangan berupa bahan baku, bahan setengah jadi, dan juga bahan jadi. Tujuan perdagangan tentu saja untuk memperoleh laba usaha.  Baik perdagangan golongan besar, sedang maupun kecil.  

Barang-barang yang akan kami jual belikan adalah produk dan barang yang kami siapkan terkait dengan Bidang Kegiatan yang kami kelola. Dan juga melihat kebutuhan pasar yang akan kami siapkan berdasar pada data-data dari google trend, trend marketplace atau yang lainnya. Contoh untuk di Huta Simatupang di Lagubotit ini, yakni : Budaya Adat Toba,  Pollak Toba, Bondar Toba, Kreator Muda Toba.

Bidang Usaha Jasa berbasis Digital.

Untuk bidang ini Klik 


Terima Kasih.

Desaku Simatupang

Membangun Kegiatan Usaha Bersama 

Dirangkum dari beberapa sumber : Gramedia dot com."Jenis Usaha Jasa 


Komentar

Postingan Populer