Mengelola Kegiatan *Forum Desaku*

👍 Kami yakin setiap kita pasti memiiki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda mengenai berbagai hal.  Yang bisa saja kita perlukan untuk kemajuan kita bersama.  Dan setiap kita bisa jadi memiliki masalah di satu pihak sementara di lain pihak ada yang memiliki solusinya. Kondisi seperti ini tidak jarang kita lalui dalam setiap perjalan kita. Dan disinilah kita butuh sebuah forum.

Untuk mengawalinya, mari bergabung di Fb-Group : Rumah Kreator Muda Toba 

Pengertian Forum Desaku :
Forum Desaku ini merupakan tempat berdiskusi atu tempat bertukar pikiran, yang akan kami lakukan bersama dengan beberapa orang, dalam setip jadwal acara Forum.  Pelaksanaan acara dan kegiatan pada Forum Desaku ini kami siapkan dengan satu tujuan umum yakni untuk kesuksesan bersama, baik peserta diskusi maupun pemirsa media digital ini.
  1. Sebagai tempat atau wadah untuk membicarakan kepentingan bersama atau tempat bertukar pikiran antar peserta.
  2. Merupakan tempat peserta untuk mencari informasi yang relevan dan memberikan masukan-masukan antar sesama peserta.
  3. Forum Disaku ini diberikan kepada peserta untuk melakukan diskusi berdasar pada pendidikan atau pengalaman yang diperoleh. Tujuannya agar pengetahuan dan pengalaan yang dimiiki para peserta dapat dibagikan kepada peserta yang lainnya, terutama kepada para pemirsa yang lebih luas.

Tujuan Forum Desaku :

Tempat berbagi ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan bidang yang kami siapkan tersebut..

  1. Forum Desaku ini berfungsi sebagai tempat berbagi ide, harapan-harapan yang ingin dicapai,  dengan ide-ide dan pengetahuan dan pengalaman untuk mewujudkan tujuan yang sama.  Forum Desaku ini kami siapkan sebagai media diskusi bagi para pekerja, pelaku pemerhati, dan para ahli di bidang profesi tertentu. Melalui media diskusi lewat online dan juga lewat forum off-line.
  2. Tempat berbagi untuk memperlengkapi dan meningkatkan kemampuan masyarakat luas di bidang masing-masing dan juga para peserta forum desaku tersebut.
  3. Tempat berbagi untuk saling membantu dan saling melengkapi  yang dilakukan dalam suatu kelompok orang tertentu untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. 
  4. Bertujuan untuk menambah wawasan yang lebih luas  bagi kepentingan peserta dan pemirsa, agar  lebih memahami dunia yang dibicarakan.
  5. Berfungsi sebagai tempat untuk mewujudkan tujuan yang sama melalui berbagai acara dan kegiatan bersama yang kami kelola secara berkala sebagai kegiatan dari Forum Desaku.

Aturan-Aturan Forum :  

  1. Moderator atau admin berhak melakukan penghentian topik diskusi yang sedang berjalan tanpa penjelasan jika terlihat topik diskusi yang ada bertentangan dengan aturan dan etika forum yang ada.
  2. Moderator berhak menegur peserta yang secara nyata mengganggu suasana diskusi yang ada. 
  3. Peserta tidak boleh saling menyalakan dalam berdiskusi. Tetapi memberikan penjelasan yang lain menurut pendapat dari peserta.
  4. Perdebatan atau sanggahan dalam setiap topik yang sedang berlangsung dibatasi maksimal hingga 5 (lima) kali sudah dengan kesepakatan. Baik kesepakata "tidak sepakat" atau "sepakat terhada suatu pendapat.  Apabi sampai waktu tersebut  maka akan diambil alih oleh moderator untuk membuat satu rangkuman yang harus disepakati. Apapun kesepakatan yang diambil.
  5. Setiap peserta Forum, wajib menjaga kualitas forum. Dan tidak boleh saling mencela pribadi antar peserta forum desaku.
  6. Setiap peserta, bebas menyampaikan pendapat
  7. Forum mempunyai aturan-aturan di dalamnya agar peserta bisa berbicara dengan berlangsugnya acara tanpa menyakiti hati peserta lainnya.
Topik-Topik Pembiaraan dari Forum :
Topik-topik pembicaraan dari Forum Desaku ini kami dilakukan sesuai Jenis Bidang Kegiatan yang ditetapkan. Sehingga di setiap Huta atau Desa atau wilayah bisa saja berbeda. Tetapi sebagai contoh yang akan kami lakukan di Huta Simatupang ini adalah sbb :
  1. Budaya Adat Toba : Meliput, atau berdiskusi atau membahas tentang acara dan kegiatan atau hal-hal yang terkait dengan budaya dan adat Toba. Baik yang ada di Toba ataupun di luar wilayah Toba. Mis : Diskusi tentang perlunya pembenahan atau pelestarian Rumah Adat atau Sopo. Kondisi kerusakan 20-30 persen masih mungkin dibenahi. Dananya darimana. Teknisnya bagaimana. Mitra kerjanya dengan dinas kebudayaan da pariwisata bagaimana. Dsb.
  2. Pollak TobaMengelola informasi penting. Dan juga dari para pihak terkai agar ketersediaan input produksi bagi para petani bisa terlaksana dengan baik. Seperti benih, bibit, pupuk, teknik budidaya, termasuk teknologi panen dan pasca panen. Termasuk terlaksananya perbaikan infrastruktur pertanian di Huta.
  3. Yuk Peduli Toba. Program Peduli lingkungan huta - Memberdayakan huta. Peduli sosial. Peduli rohani, Peduli 
  4. Bondar Toba : Membahas, meliput, berdiskusi mengenai langkah-langkah untuk merevitalisasi bondar Toba agar menjadi bermanfaat.
  5. Kreator Muda Toba Membantu para bakat-bakat muda Toba untuk bisa berkarya membangun karir di dunia digital. Bahkan sebagai bekal mereka membangun sumber penghasilan.

Untuk mengawalinya, mari bergabung di Fb-GroupRumah Kreator Muda Toba 


Komentar

Postingan Populer