Mengelola Sumber Dana dan Keuangan

Rencana Anggaran dana Dan Keuangan 

Proyeksi Pendapatan atau Penghasilan adalah merupakan salah satu hal penting dalam sebuah "Desaku Simatupang". Hal ini penting karena dengan sebuah proyeksi maka kami bisa memiliki arah yang benar dalam mengeluarkan biaya :

  1. Untuk jumlah dana yang harus kami peroleh
  2. Untuk jumlah investasi modal yang kami perlukan
  3. Untuk menempatkan sumberdaya manusia yang dibutuhkan,
  4. Untuk melakukan pemasaran yang diperlukan,
  5. dan sebagainya.

Untuk itu, maka sebelum membuat sebuah ketentuan dasar perlu membuat sebuah proyeksi pendapatan. 

  1. Kami mengutamakan Sumber dana terutama dari kegiatan usaha bersama termasuk usaha Media Digital Managemet dan usaha bersama lainnya.
  2. Anggaran Dana dan Keuangan ini kami siapkan secara terpisah.
  3. Sumber Dana dan Keuangan adalah setiap kegiatan usaha bersama yang dikelola atas nama tim Desaku Simatupang.

Beberapa Sumber Dana dan Keuangan yag kita siapkan : 

Sumber dana dan keuangan ini akan menjadi pendukung  untuk berbagai  manfaat positif  yang akan kita siapkan melalui berbagai Acara dan Kegiatan yang kita keloa. Dan sumber-sumber dana dan keuangan ini kita kelola sejalan dengan setiap pencapaian-pencapaian tertentu. Sbb :

  1. Monetisasi.   Kami akan terus berkarya dan membenahi media sosial ini agar bisa memenuhi syarat untuk memberikan penghasilan dari  monetisasi dan juga program lainnya, yang disiapkan masing-masing media sosial tersebut.   Khususnya dari Facebook dan Youtube  Desaku Simatupang.  Termasuk Instagram dan TikTok yang masih akan kami siapkan.   Seperti program "Membership" dan program "Bintang" yang disiapkan oleh Facebook.
  2. Endorsement.   Kami juga akan berusaha agar media sosial ini terus berkembang dan dilirik orang untuk memberikan penghasilan dari "endorsement". 
  3. Berjualan. Kami juga akan berjualan  secara online untuk membangun sumber penghasilan. Tentu dengan beberapa  Target Penjualan.  Sebagai reseller  untuk menjual berbagai produk barang atau jasa sesuai Bidang Kegiatan kami.  Kami akan siapkan - Toko Online-nya.  Di marketpace, di Bukalapak, Tokopedia dan Shopee. 
  4. Kegiatan Usaha Bersama ;   Berbagai kegiatan yang kami tetapkan pada bagian Mengelola Acara dan Kegiatan, sebahagiannya adalah juga merupakan kegiatan usaha bersama.   Seperti pada Revitalisasi Bondar Huta Simatupag, Mengelola Toko Online Bersama,  Jasa Photo & Videograhy. 
  5. Dan beberapa sumber lain yang akan kami siapkan setelah perkembangan media digital ini.
Kegiatan Usaha Bersama :

Secara khusus para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial yang ikut atas nama Desaku Simatupang ini akan kami ikutkan secara aktif dalam kegiatan Membangun Kegiatan Usaha Bersama. Kegiatan ini kami lakukan melalui berbagai acara dan kegiatan yang telah kami tetapkan. Termasuk salah satu didalamnya.

Beberapa usaha yang akan kami kelola termasuk dan tidak terbatas pada usaha-usaha sbb :

  1. Media Digital Management.  Toko Online Bersama. Di Fb dan marketplace, dll.  Seperti menjual berbagai produk budaya adat toba berbahan ulos. Seperti ulos, sortali, dll.  Membuat dan Mengelola Media Digital Bersama
  2. Home Studio : Menyediakan Jasa Rekaman Podcast dan Nyanyi, Photo & Videography
  3. Revitalisasi Bondar Huta Simatupang. Sebagai Kolam Ikan bersama, Dan berbagai hal lain.
  4. Produk karya lokal sebagai souvenir wisata budaya lokal. Produk kerjasama dengan para produsen lokal yang ada di di berbagai Huta. Termasuk yang ada di wilayah Toba.  Misal : Kreasi alat rumah tangga atau hiasan rumah dari bambu Toba, seperti bambu tempat sendok garpu, bambu tempat lampu hias, dsb.
  5. Dari Even-even yang kami kelola. berupa Photo dan Videography. Liputan dn Dokumentasi.
Dari Keluarga Simatupang di Huta Simatupang

Ini juga kita buka sumbangan untuk pelaksanaan program ini.  Sumbangan sukarela ini juga merupakan sumber dana, namun bukan utama.

  1. Setiap sumbangan akan kita berikan kwitansi. Kwitansi ini wajib disimpan karena akan kita akumulasi secara berkala. Dan untuk klasifikasi tertentu kami akan memberikan penghargaan tertentu berupa SHU (Sisa Hasi Usaha). Bingkisan ini akan diberikan pada saat Minggu Paskah atau ada akhir tahun pembukuan. Bisa berupa bingkisan Natal.
  2. Mengenai sumbangan sukarela ini akan kami siapkan ketentuan dan kebijakannya secara terpisah termasuk mengenai manajemennya.
Sacara Umum, kami akan terus membenahi dan membangun media sosial yang kami kelola, agar bisa terus berkembang.

Komentar

Postingan Populer