Revitalisasi Bondar Huta Simatupang

Pengertian 

Yang kami maksud dengan revitalisasi dalam hal ini adalah menjadikan sesuatu atau perbuatan untuk menjadi vital. Yakni membuat mengelola Bondar Huta Simatupang menjadi mempunyai arti yang sangat penting dan sangat diperlukan sekali untuk menopang pemberdayaan Huta Simatupang.

Manfaat : 

Selain fungsi dan manfaat yang sudah berjalan selama ini adalah sebagai tali air untuk persawahan di Huta Simatupang dan sekitarnya. Kami juga akan terus berusaha untuk meningkatan fungsi dan manfaat lainnya.

Tambahan manfaat lain yang bisa kita bangun dari Bondar Huta Simatupang ini, yakni  Menjadi Taman Produktif bagi Huta Simatupang. Selain untuk mewujudkan Huta yang Tertata Rapi Bersih dan Indah, Saligus juga sebagai sumber dana dan keuangan untuk pemberdayaan Huta Simatupang.

Batas Wilayah  Kerja : 

Yang dimaksud dengan Bondar Huta Simatupang adalah Bondar Tali Air yang dari Jembatan Tunjang sampai ke Pitu Air Lumban Simataniari.  Bondar ini kami bagi dalam 2 (dua) bagian,  Yakni : 
  1. Bondar Satu  Yang dari Jembatan Tunjang  sampai ke Pintu Tali Air Tambak Guru Manambos. Atau Lumban Siturutuhum. ( Kalau dilihat dari Google Maps : Mulai dari "Gapura Huta Simatupang" sampai ke "Tambak Guru Manambos" )
  2. Bondar Dua : Mulai dari Pintu Tali Air Tambak Guru Manambos sampai ke Pintu Talli Air di Lumban Simataniari.
  3. Bondar Tiga : Mulai dari Pintu Tali Air Lumban Simataniari sampai ke Pintu Talli Air di Lumban Siguri-guri ( Masih perlu membuka dialog kerjasama dengan pihak Lumban Hariara ).

Pelaksanaan Kerja : 

Rencana Revitalisasi Bondar Huta Simatupang ini untuk tahap pertama, akan kami lakukan di Bondar Satu..  Di sini rencananya akan kami rapikan bersama dengan rencana untuk merapikan jalan Tunjang tersebut. Untuk rencana perbaikan Bondar Huta Simatupang, tugas pekerjaan yang akan dilakukan adalah, sbb  

  1. Mengangkat lumpur dan sampah serta mangarambas dan manasap pinggiran Bondar .
  2. Membuat pembatas tali air untuk membatasi ikan yang akan dirernak di bodar itu tidak lari ke hulu.
  3. Membuat bibit ikan mas
  4. Memelihara kebersihan Bondar
  5. Mengontrol kondisi perkembangan Bondar rutin setiap hari.
  6. Memberi makanan ikan setiap hari
  7. apa lagi nech
  8. Menyiapkan peralatan yang diperlukan. Senter
  9. appppp 

Pemeliharaan 

Rencana Pemeliharaan Bondar Huta Simatupang 

  1. Menjaga Kebersihan Bondar secara rutin. Pelaksana tugas akan dibuat secara terjadwal.
  2. Memberi makanan ikan secara rutin
  3. Menjaga keamanan Bondar siang dan malam.

Rencana Biaya Perbaikan .

  1. Pengerukan sebagian tanah lumpur dari dalam bondar. Dan manasap pinggiran bagian dalam bondar. Mangarambas umput bagian pinggir kiri dan kanan bondar.
  2. Rencana untuk perbaikan ini akan dibuat terpisah. Ini sekedar info . Pelaksanaan ini akan dilakukan oleh 5 ( lima ) orang dalam 3 ( tiga ) hari. Lama kerja sekitar 3 ( tiga ) jam per-hari. Biaya Rp.40.000/hari/3 jam. (longsum)
  3. Membuat Sekat di dalam bondar untuk membatasi bondar agar tidak bisa ke Hulu. Terbuat dari 5 sak semen, pasir 2 colt diesel. batu kali 
  4. Rencana ini dibuat secara terpisah.


Revitalisasi Bondar Huta Simatupang.



Komentar

Postingan Populer