Menjaga Kebersihan Huta Simatupang

Menjaga kebersihan Huta Simatupang, adalah bagian dari Memberdayakan Huta Simatupang. Hal ini perlu kita lakukan untuk membuat tempat tinggal yang nyaman, sebagai penghargaan kita untuk para leluhur, pendahulu dari Simatupang Hombangulu, yang telah berjuang memulai dan membangun Huta Simatupang ini.  

  1. Sasarannya          :  "Huta Simatupang"  tertata rapi, bersih dan indah.
  2. Tugas pekerjaan : Melakukan berbagai kegiatan rutin secara mandiri untuk kegiatan menata, membersihkan dan memperindah lingkungan Huta Simatupang.
  3. Mengelola pendokumentasian setiap kegiatan untuk dijadikan sebagai konten-konten media sosial. 

Batas Tugas dalam hal menjaga kebersihan ìni adalah

  1. Yang kami maksud dengan kata "Menjaga" dalam hal ini adalah mempertahankan kondisi Huta yang tertata rapi bersih dan indah. Dalam bahasa Inggris yang sudah umum sering disebut dengan prasa " Services & Maintenance. Tetapi menjaga kebersihan Huta ini hanya sebatas melakukan Maintenance. Service-nya hanya perbaikan-perbaikan kecil saja.  Artinya hanya sebatas mempertahankan kondisi terbaik yang sudah terbentuk.
  2. Apabila dalam hal dimana suatu kondisi sebuah Huta belum mencapai kondisi terbaik maka perlu dilakukan upaya atau tindakan untuk mencapai kondisi terbaik tersebut. Misalnya perbaikan atau atau renovasi, atau penataan ulang atau membangun. Dan untuk hal ini tentu akan dilakukan dalam sebuah berkas pengajuan tersendiri. dll
  3. Menjaga kebersihan Huta Simatupang ini berarti meliputi Jalan Utama di Huta Simatupang  ( Termasuk sisi dari jalan utama tersebut ). Tugu dan Tambak, Rumah dan Sopo. Kereta Juri. Dan berbagai asset milik Huta Simatupang yang ada di dalamnya.
  4. Yang dimaksud dengan Jalan Utama di Huta Simatupang adalah , mulai dari Jln.Pagi Sore dan dari Jl.Tunjang sampai ke pintu air depan Lumban Simataniari. 

Wilayah Kerja : 
Wilayah yang perlu dijaga kebersihannya adalah semua wilayah umum yang menjadi milik bersama dari warga Huta Simatupang di Laguboti.
  1. Lingkungan Huta Simatupang. Termasuk Jalan Utama Huta Simatupang. Dan Bondar Utama Huta Simatuang.
  2. Situs Budaya dan Pusaka yang ada di Huta Simatupang. Termasuk Tugu Datu Pedjel Simatupang dan Tambak Mar-Ompu-ompu serta Kereta Juri yang ada di Huta Simatupang

Penanggungjawab Pelaksana Kerja :

  • Bapak Glory Simatupang. 
  • Bapak Urat Simatupang
  • Tba.
Pelaksanaan Kerja :

  • Kami menempatkan 3 (tiga) orang penanggungjawab kerja yang mengurus beberapa orang pelaksana kerja untuk melakukan pekerjaan ini. Orang yang bertugas sebagai pelaksana kerja akan kami tetapkan dari warga Huta Simatupang, yang bersedia dan memiliki peralatan kerja yang diperlukan.
  • Masing-masing Area kami tempatkan 1(satu) orang. Ketiga orang pelaksana ini bisa menempatkan orang lain yang bisa dan bersedia melakukan tugas kebersihan tersebut.
  • Kami tidak mengalokasikan anggaran dana untuk mengadakan peralatan kerja.  Peralatan kerja menjadi kewajiban dan tanggung jawab pelaksana kerja yang mendapat penugasan.  Sebagai gantinya, kami akan memberikan uang jasa untuk pelaksanaan tugas tersebut. Dan uang jasa ini akan kami berikan pada hari H pelaksanaan kerja. Atau yang diatur kemudian secara terpisah.

Mendokumentasikan Pelaksanaan Kerja
  1. Masing-masing pelaksana kerja memiliki hak dan kewajiban membuat dokumentasi video atau siaran langsung di Facebook masing-masing untuk pelaksanaan kerja tersebut. Setidaknya sekitar 7 - 10 menit. Karena hal ini juga perlu untuk membantu facebook masing-masing agar bisa dimonetisasi atau menghasilkan manfaat lainnya. Sebelum dikerjakan dan sesudah dikerjakan atau salah satu boleh. Yang paling penting adalah mendokumentasikan pekerjaan sesudah selesai dikerjakan. 
  2. Dokumentasi wajib dalam bentuk video. Baik berupa rekaman videonya saja atau langsung dalam platform media sosial secara online.  Kemudian dikirimkan atau dibagikan ke facebook Desaku Simatupang.
  3. Pendokumentasian dalam bentuk video itu wajib dilakukan untuk pertanggungjawaban kerja real dan juga untuk dijadikan konten media sosial yang berpotensi menghasilkan manfaat finansial.

Jalan Utama Huta Simatupang.

Area Kebersihan Jalan Utama : 

Kami menempatkan 3 (tiga ) orang penanggungjawan untuk menjaga Kebersihan Huta Simatupang ini. Masing-masing area ditangani oleh 1 (satu) orang. 

  1. Untuk Area Satu : Dari jalan Pagi Sore sampai ke Jembatan Tugu Datu Pedjel Simatupang.
  2. Area Dua adalah dari Jalan Tunjang sampai ke Jembatan Tugu Datu Pedjel Simatupang.
  3. Area Tiga adalah dari Pintu Air depan Lumban Simataniari sampai Jembatan Tugu Datu Pedjel Simatupang.

Jalan dan bondar yang dari Pagi Sore sampai ke Lumban Simataniari, dan yang dari Tunjang sampai ke Lumban Simataniari Simatupang. Untuk tugas ini, kan secara tetap dilakukan 1x dalam 1 minggu secara rutin. Antara Hari Senin - Rabu setiap Minggu.

Melakukan tugas pekerjaan sbb :
  1. Merapikan tepi bondar. Atau "manasap" pinggiran Bondar Huta Simatupang.
  2. Membersihkan sampah dari jalan dan dari dalam bondar.
  3. Membabat rumput yang ada di sekitar jalan utama yang ada di Huta Simatupang. Mulai dari jln.Pagi Sore dan dari Jl.Tunjang sampai ke Lumban Simataniari.
  4. Membersihkan rumput dari hasil babatan tersebut dan ditempatkan di satu tempat yang disepakati sebelum diangkut oleh Dinas Kebersihan Kabupaten Toba atau Kecamatan Laguboti. 
  5. Untuk tugas ini, wajib dilakukan 1x dalam 1 minggu secara rutin. Antara Hari Senin - Rabu setiap Minggu.

Situs Budaya dan Pusaka Huta Simatupang

Semua situs yang ada di Huta Simatupang, termasuk Tugu Dat Pedjel Simatupang. Kebersihannya terurus dengan baik. Nama-nama Tugu dan Tambak Mar-Ompu-ompu.

  1. Rumah dan Sopo Adat yang ada di Huta Simatupang
  2. Tugu dan Tambak keluarga Mar-Oppuoppu,
  3. Kereta Juri ( K.S. Simatupang ).
  4. Menjaga Kebersihan Tugu Datu Pedjel Simatupang
  5. Rumah dan Sopo keluarga TB Simatupang. ( bagian luar )  

Tugu atau Tambak, maupun Sopo, bukan hanya untuk kepentingan keluarga besar dari setiap anggota keluarga yang terkait.  Tetapi juga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari keindahan dan keberadaan Huta Simatupang. 

Maka adalah menjadi tanggung-jawab dan kewajiban kita juga untuk menjaga agar Tugu dan Tambak dan Sopo ini tetap terta rapi bersih dan indah . . Sebagai bagian dari Memberdayakan Huta Simatupang.

Bahwa Huta Simatupang ini adalah titipan dari cucu-cucu kita keluarga besar Simatupang. Khususnya Simatupang Hombangulu. Karena itu kita harus tetap menjaganya , sekaligus sebagai salah satu upaya untuk membangun Huta Simatupang agar memiiki daya tarik objek wisata di wilayah Toba ini.

Untuk memperlengkapi pembenahan Setiap Tugu dan Tambak serta Sopo yang ada di Huta Simatupang ini akan kami perlengkapi dengan cerita sejarah mengenai Tugu dan Tambak terkait. Termasuk Sopo Keluarga TB Simatupang dan Tugu Datu Pedjel Simatupang ini. Cerita ini akan terus kami dokumentasikan dalam bentuk video dan photo dan artikel, sekaligus untuk menjadi konten media online yang kami kelola. 

Untuk membuat cerita ini, kami akan menghubungi langsung beberapa orang anggota keluarga dari pemilik Tugu dan Tambak serta Sopo tersebut. Khususnya beberapa copy dokumen yang bisa kami jadikan sebagai pegangan dasar. Untuk cara penyajiannya, kami akan melakukan berbagai pengembangan berdasar pada cerita ini.

Selain itu berbagai hal penting lainnya juga akan kami kordinasikan demi terwujudnya usaha untuk Menjaga Kebersihan Huta Simatupang, sebagai bagian dari usaha kita untuk Memberdayakan Huta Simatupang.

Menjaga Kebersihan Huta Simatupang

Komentar

Postingan Populer