Memberdayakan Huta Simatupang

Menurut KBBI, " Berdaya" artinya :

  1. Bisa dikatakan bahwa "berdaya" ini merupakan kemampuan dalam melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak untuk mengatasi masalah.
  2. Pemberdayaan adalah merupakan proses kegiatan atau upaya untuk mendorong dan memberi kepercayaan bagi seseorang untuk bisa meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Yang kami maksud dengan istilah memberdayakan  dalam hal  "Memberdayakan Huta Simatupang" adalah membantu Huta Simatupang agar mampu mengatasi masalah-nya sendiri.  Berlaku juga dengan sebuah wilayah lingkungan tempat tinggal lainnya.

💁   

Untuk maksud tersebut kami akan melakukan berbagai acara dan kegiatan rutin dengan memanfaatkan media digital.  Yakni setiap kegiatan pemberdayaan Huta tersebut akan kami kelola menjadi konten-konten untuk berbagai media sosial dalam sebuah program media digital management.  Dengan mana, kami akan membangun sejumlah manfaat financial maupun manfaat positif lainnya.

Kelima bidang kegiatan ini, kami buat berdasar pada situasi dan kondisi di Huta Simatupang di sini.  Untuk di "Huta" yang lain tentu bisa saja berbeda bidangnya.  Tergantung potensi dan sumberdaya yang ada.

  • Menjaga Kebersihan Huta Simatupang 
  • Menjaga Kebersihan Tugu Datu Pedel Simatupang 
  • Revitalisasi Bondar Huta Simatupang
  • Mengelola Sumber Dana dan Keuangan , dengan memanfaatkan Media Digital Management
  • Tujuan dan Sasaran Pokok :

    Untuk Memberdayakan Huta Simatupang di Laguboti ini, dimana basecamp Desaku Simatupang berada, kami menyiapkan 3 (tiga) tujuan pokok yang akan kami wujudkan. Agar dapat berkompetisi secara sehat untuk menduduki posisi ke-30 (tiga puluh) huta terbaik di wilayah Kabupaten Toba. 

    1. Wilayah Tempat Tinggal, Kebersihan dan penataan lingkunganyang Tertata Rapi Bersih dan Indah. Meliputi pembersihan Situs atau Tugu, Tambak, Spot-spot potensial yang ada di Huta. Jalur pembuangan air. Tali air, irigasi yang ada di Huta.  Selain untuk tujuan keindahan Huta, termasuk uga untuk menjadi konten-konten media sosial yang kita kelola.
    2. Warga Huta. Secara umum warga yang ada ikut serta secara aktif dalam membangun Huta melalui berbagai acara dan kegiatan yang dilakukan secara berkala.
    3. Media Digital Bersama. Untuk mendukung berbagai kegiatan formal yang ditetapkan. Sekaligus untuk membangun sumber-dana dan keuangan yang diperlukan untuk mendukung biaya pemberdayaan Huta.

    Sasaran Pokok :

    Agar dapat berkompetisi secara sehat untuk menduduki posisi ke-30 (tiga puluh) huta terbaik di wilayah Kabupaten Toba. Dari  beberapa indikator, untuk masing-masing bidang, sbb : 

    1. Lingkungan Huta
    2. Warga Huta
    3. Kegiatan Usaha Bersama. 


    Bidang Kegiatan : 

    Sejauh ini, di Facebook dan di Youtube Desaku Simatupang, sudah kami buat beberapa konten.  Memang kelihatannya belum maksimal. Tapi semua itu akan kami benahi bertahap, sejalan dengan target-target yang harus kami capai untuk masing-masing Bidang yang kami bagi dalam 5 (lima) Bidang Kegiatan.  Nama-nama bidang kegiatan ini kami buat berdasar pada situasi dan kondisi di Huta Simatupang.  Di tempat lain tentu bisa saja berbeda Bidang Kegiatan yang bisa dilakukan.

    1. Budaya Adat Toba : Membantu para bakat-bakat muda dan orang-orang yang paham dalam hal Kebudayaan dan Adat Toba agar bisa membuat konten-konten yang menghasilkan uang melalui media sosial. Seperti kegiatan-kegiatan terkait punguan marga, bonapasogit, acara adat, dan sebagainya.
    2. Pollak Toba : Membantu para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial yang bekerja di bidang pertanian agar bisa  membuat konten-konten yang menghasilkan uang melalui media sosial. Tentang peralatan terkini, pestisida, insectisida, mengola lahan, agrobisnis dan sebagainya.
    3. Peduli Toba  : Membantu para bakat-bakat muda dan orang-orang yang senang bekerja dalam bidang sosial agar bisa membuat konten yang menghasilkan uang melalui media sosial. Seperti peduli lingkugan, peduli sosial dan kemanusiaan dan sebagainya.
    4. Bondar Toba : Membantu para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial menata bondar menjadi berfungsi lebih bermakna, bisa membuat konten-konten terkait dengan berbagai kegiatan mengenai cara, manfaat Revitalisasi Bondar di Huta. Contoh  : Revitalisasi Bondar Huta Simatupang
    5. Kreator Muda Toba :  Membantu para bakat-bakat muda dan orang-orang potensial yang tertarik dengan kreator digital agar bisa membuat konten-konten yang mendatangkan income. Tentang bakat dan profesi, tentang media sosial yang profitable, tentang photography dan videography, tentang peralatan kerja, tentang kreator digital, dan sebagainya.
    Ke-5 (lima) Bidang Kegiatan kami, kami buat berdasar pada situasi dan kondisi di Huta Simatupang di sini.  Untuk di "Huta" yang lain tentu bisa saja berbeda bidangnya.  Tergantung potensi dan sumberdaya yang ada.

    Memberdayakan Huta,


    Komentar

    Postingan Populer